BAB I
LATAR BELAKANG
Nama Perusahaan : MaTaRa Electronics
Bidang Usaha : Jasa Pencarian Informasi
Jenis Produk : Elektronik
Alamat Perusahaan : Jalan Terusan Buah Batu, Bandung
Nomor Telepon : 081081081081
1 .1 Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa
ini, kebutuhan akan barang elektronik meningkat pesat. Banyak
perusahaan elektronik berlomba-lomba memasarkan hasil produk mereka. Dan
tidak sedikit pula promosi-promosi yang diberikan guna menarik
konsumen.
1. 2 Penjelasan Produk
Produk
yang akan kami pasarkan adalah produk yang semakin banyak orang yang
memakainya, sehingga produk tersebut adalah produk yang mengikuti
perkembangan zaman. Produk yang akan kami pasarkan antara lain
smartphone, kamera DSLR, notebook, dan lainnya.
1. 3 Latar Belakang Bisnis
Alasan
kami menawarkan produk ini adalah saat ini semakin banyak orang yang
berlomba-lomba menggunakan barang elektronik maupun gadget yang sedang
trending. Namun demikian, terkadang mereka cukup kesulitan menemukan
gadget terbaru dengan harga yang sesuai. Padahal informasi seperti di
internet cepat sekali berkembang dan berubah-ubah. Di sini kami membantu
para konsumen menemukan barang elektronik yang cocok dengan apa yang
mereka inginkan.
1. 4 Tujuan
- Mendapatkan keuntungan dari penjualan produk ini
- Mencarikan informasi tentang produk yang dapat memuaskan para konsumen.
1.5 Potensi Bisnis
Produk
yang kami pasarkan memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan.
Karena telah merebaknya produk elektronik di seluruh dunia, tak
terkecuali di Indonesia. Dan diantara mereka (konsumen) terkadang merasa
bosan dengan gadget yang itu itu saja. Tetapi apabila telah disediakan
produk elektronik berkualitas serta harga yang pas, maka kebutuhan
konsumen untuk mengikuti perkembangan jaman akan terpuaskan.
BAB II
ANALISIS SWOT
2.1 Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk elektronik yang berkualitas dan harga yang sesuai.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
2.2 Faktor Eksternal
1) Opportunities ( Peluang )
a. Banyaknya konsumen
Semakin banyaknya konsumen barang elektronik setiap tahun.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang gemar mengkoleksi barang elektronik terbaru.
2) Threats ( Ancaman )
a. Keacuhan konsumen
Terkadang para konsumen barang elektronik tidak memperdulikan berkembangnya teknologi dari produk elektronik yang beredar.
BAB III
PERENCANAAN BISNIS
3. 1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran
kami adalah para pengguna produk elektronik maupun para kolektor barang
elektronik. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas
penduduknya selalu mengikuti perkembangan teknologi. Karena kami
menganggap promosi akan lebih efektif jika cocok dengan kondisi pasar
yang diinginkan.
3 .2 Pembiayaan
3.2.1 Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami
hanya menjual barang dengan stok yang terbatas , yang berkualitas OEM ,
yang lebih murah dari original. Namun dengan kualitas yang sama.
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Televisi
|
5 buah
|
Rp.5.000.000
|
Rp. 25.000.000
|
2
|
Kamera
|
12 buah
|
Rp.3.000.000
|
Rp. 36.000.000
|
3
|
Smartphone
|
20 buah
|
Rp.4.000.000
|
Rp. 80.000.000
|
4
|
Laptop
|
6 buah
|
Rp.12.000.000
|
Rp. 72.000.000
|
TOTAL
|
Rp. 213.000.000
|
3.2.2 Biaya Variabel (Variable cost) - Per Bulan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
7
|
Listrik dan Internet
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
| |
TOTAL
|
Rp. 50.000
|
3.2.3 Biaya total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
= Rp. 213.000.000 + Rp. 50.000
= Rp. 213.050.000
3.2.4 Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 372.000 : 12 bulan = Rp. 31.000
Total biaya produksi yang dikeluarkan per bulan = Rp 31.000 + Rp4.110.000 = Rp 4.141.000
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan
4.141.000 : 150 buah = 27.606,666
Harga jual per unit Rp 45.000
3.2.5 Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel selama 1 Bulan
= Rp 372.000 + Rp 4.110.000
= Rp 4.482.000
3.2.6 Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan : Produksi
= 4.141.000 : 150 buah = 27.606,666
Harga jual per unit Rp 45.000
BEP produksi = Total biaya produksi selama 1 bulan : Harga per unit
= Rp 4.141.000 : 45.000 = 92 buah
Jadi,
untuk mencapai titik impas maka dalam 1 set hijab lukis yang harus
terjual adalah 92 dengan harga per produk adalah Rp 45.000
3.2.7 Analisis Keuntungan
Pendapatan : Hijab Lukis yang terjual x harga jual = 150 x Rp 45.000
= Rp. 6.750.000
Total biaya produksi dalam 1 bulan : Rp. 6.750.000
Keuntungan =Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 6.750.000 – Rp 4.141.000
= Rp 2.609.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp 45.000 per buah dalam 1 bulan adalah Rp 2.609.000
3.2.8 Pengembalian Modal
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp 6.750.000 : Rp 2.609.000
= 2,58 bulan (78 hari)
Catatan : - Dalam 1 bulan diproduksi 150 buah hijab lukis
Hijab lukis yang harus dijual per hari = 150 : 30 hari
= 5 set hijab lukis
Maka, Pay Back Period = BEP Produksi : Penjualan per hari
= 92 : 5
= 19 hari
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set hijab lukis tiap harinya.
BAB IV
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Perkembangan
dan inovasi produk elektronik memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi.
Sehingga kami mengambil kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang cukup
menjanjikan. Kami bertujuan membantu para konsumen untuk mengikuti
perkembangan jaman. Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai
media, seperti menggunakan media internet.
6.2 Saran
Terkadang,
konsumen mengalami kesulitan untuk mencari barang elektronik yang
berkualitas serta harga yang cocok. Sehingga, kami memiliki tujuan untuk
membantu para pengguna barang elektronik untuk mendapatkan barang yang
sesuai dengan kriteria dan harga yang pantas.
No comments:
Post a Comment