Tugas Interbis 4

BAB I
LATAR BELAKANG


Nama Perusahaan             :  MaTaRa Electronics
Bidang Usaha                  :  Jasa Pencarian Informasi
Jenis Produk                     :  Elektronik
Alamat Perusahaan          :  Jalan Terusan Buah Batu, Bandung
Nomor Telepon                :  081081081081



1 .1         Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, kebutuhan akan barang elektronik meningkat pesat. Banyak perusahaan elektronik berlomba-lomba memasarkan hasil produk mereka. Dan tidak sedikit pula promosi-promosi yang diberikan guna menarik konsumen.


1. 2         Penjelasan Produk
Produk yang akan kami pasarkan adalah produk yang semakin banyak orang yang memakainya, sehingga produk tersebut adalah produk yang mengikuti perkembangan zaman. Produk yang akan kami pasarkan antara lain smartphone, kamera DSLR, notebook, dan lainnya.


1. 3         Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini semakin banyak orang yang berlomba-lomba menggunakan barang elektronik maupun gadget yang sedang trending. Namun demikian, terkadang mereka cukup kesulitan menemukan gadget terbaru dengan harga yang sesuai. Padahal informasi seperti di internet cepat sekali berkembang dan berubah-ubah. Di sini kami membantu para konsumen menemukan barang elektronik yang cocok dengan apa yang mereka inginkan.
1. 4         Tujuan
  • Mendapatkan keuntungan dari penjualan produk ini
  • Mencarikan informasi tentang produk yang dapat memuaskan para konsumen.


1.5         Potensi Bisnis
Produk yang kami pasarkan memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya produk elektronik di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dan diantara mereka (konsumen) terkadang merasa bosan dengan gadget yang itu itu saja. Tetapi apabila telah disediakan produk elektronik berkualitas serta harga yang pas, maka kebutuhan konsumen untuk mengikuti perkembangan jaman akan terpuaskan.


BAB  II
ANALISIS SWOT


   2.1    Faktor Internal
   1)        Strength (Kekuatan)
   a.      Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk elektronik yang berkualitas dan harga yang sesuai.


   2)        Weakness (Kelemahan)
   a.    Belum memiliki cukup pengalaman
     Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.


   2.2    Faktor Eksternal
   1)        Opportunities ( Peluang )
   a.       Banyaknya konsumen
Semakin banyaknya konsumen barang elektronik setiap tahun.
   b.      Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang gemar mengkoleksi barang elektronik terbaru.


   2)        Threats ( Ancaman )
   a.       Keacuhan konsumen
Terkadang para konsumen barang elektronik tidak memperdulikan berkembangnya teknologi dari produk elektronik yang beredar.


BAB III
PERENCANAAN BISNIS



    3. 1         Sasaran dan Target Pasar
   Sasaran kami adalah para pengguna produk elektronik maupun para kolektor barang elektronik. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas penduduknya selalu mengikuti perkembangan teknologi. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika cocok dengan kondisi pasar yang diinginkan.
    3 .2         Pembiayaan
   3.2.1   Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami hanya menjual barang dengan stok yang terbatas , yang berkualitas OEM , yang lebih murah dari original. Namun dengan kualitas yang sama.
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Televisi
5 buah
Rp.5.000.000
Rp. 25.000.000
2
Kamera
12 buah
Rp.3.000.000
Rp. 36.000.000
3
Smartphone
20 buah
Rp.4.000.000
Rp. 80.000.000
4
Laptop
6 buah
Rp.12.000.000
Rp. 72.000.000
TOTAL
Rp. 213.000.000





         3.2.2    Biaya Variabel (Variable cost) - Per Bulan
           
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
7
Listrik dan Internet

Rp. 50.000
Rp. 50.000
TOTAL
Rp. 50.000





3.2.3        Biaya total
Biaya total       = Variable cost + Fixed cost
                                = Rp. 213.000.000 + Rp. 50.000
                                = Rp. 213.050.000                                 
3.2.4        Biaya dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 372.000 : 12 bulan = Rp. 31.000
Total biaya produksi yang dikeluarkan per bulan = Rp 31.000 + Rp4.110.000 = Rp 4.141.000
Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan
                        4.141.000 : 150 buah = 27.606,666
      Harga jual per unit Rp 45.000
3.2.5        Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel selama 1 Bulan
 = Rp  372.000 + Rp 4.110.000
 = Rp 4.482.000


3.2.6  Analisis Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan : Produksi
                                    = 4.141.000 : 150 buah = 27.606,666
      Harga jual per unit Rp 45.000
                   BEP produksi = Total biaya produksi selama 1 bulan : Harga per unit
                                          = Rp 4.141.000 : 45.000 = 92 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 set hijab lukis yang harus terjual adalah 92  dengan harga per produk adalah Rp 45.000
3.2.7 Analisis Keuntungan
Pendapatan : Hijab Lukis yang terjual x harga jual = 150 x Rp 45.000
                                                                                                   = Rp. 6.750.000
          Total biaya produksi dalam 1 bulan : Rp. 6.750.000
                 
                  Keuntungan          =Pendapatan –Total biaya produksi
                                                 = Rp 6.750.000  – Rp 4.141.000
                                                 = Rp 2.609.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp 45.000 per buah dalam 1 bulan adalah Rp 2.609.000
3.2.8 Pengembalian Modal     
Total biaya Produksi : Laba usaha = Rp 6.750.000 : Rp 2.609.000
                                            = 2,58 bulan (78 hari)     
Catatan :  - Dalam 1 bulan diproduksi  150 buah hijab lukis
Hijab lukis yang harus dijual per hari = 150 : 30 hari
       = 5 set hijab lukis
Maka, Pay Back Period = BEP Produksi : Penjualan per hari
                                       = 92 : 5
                                       = 19 hari
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set hijab lukis tiap harinya.



BAB IV
PENUTUP


   6.1    Kesimpulan
Perkembangan dan inovasi produk elektronik memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sehingga kami mengambil kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kami bertujuan membantu para konsumen untuk mengikuti perkembangan jaman. Proses pemasaran kami lakukan melalui berbagai media, seperti menggunakan media internet.
   6.2    Saran
Terkadang, konsumen mengalami kesulitan untuk mencari barang elektronik yang berkualitas serta harga yang cocok. Sehingga, kami memiliki tujuan untuk membantu para pengguna barang elektronik untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan kriteria dan harga yang pantas.

No comments:

Post a Comment